RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP N 2 MUNTILAN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 1
(satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami
perubahan sosial budaya
Kompetensi Dasar : 3.1
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit (2 x pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi, siswa
diharapkan mampu :
1. Menjelaskan hubungan perubahan social dengan perubahan budaya.
2. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
3. Memberi contoh terjadinya perubahan sosial budaya.
4. Menguraikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya.
5. Mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya.
6. Mingidentifikasi perilaku masyarakat dalam menyikapi
perubahan sosisal budaya.
Karakter siswa yang diharapkan : Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Kewarganegaraan
( citizenship )
B.
Materi
Pembelajaran:
1. Pengertian perubahan sosial budaya.
2. Bentuk-bentuk perubahan sosial
budaya.
3. Faktor pendorong dan penghambat
perubahan sosial budaya.
4. Faktor penyebab perubahan sosial
budaya.
5. Sikap kritis terhadap pengaruh
perubahan sosial budaya.
C.
Metode
Pengajaran:
1. Ceramah bervasiasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
Pendahuluan : (10 menit)
1. Mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa,.
2. Mengajak siswa senantiasa bersyukur atas karunia dan rahmat dari Tuhan YME,
3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran,
4. Motivasi : Guru memberikan gambaran mengenai contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia,
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi (30 menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
melibatkan peserta didik memahami pengertian perubahan sosial
budaya , bentuk-bentuk perubahan sosial budaya, faktor penyebab perubahan
sosial budaya,faktor pendorong/penghambat perubahan sosial,
-
memberikan pandangan kepada siswa
mengenai contoh di kehidupan sehari-hari masa kini mengenai bentuk-bentuk
perubahan sosial, faktor penyebab perubahan sosial, dan faktor pendorong dan
penghambat perubahan sosial,
-
memfasilitasi terjadinya interaksi
antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru.
§ Elaborasi (20 menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-
Menginstruksikan kepada siswa
untuk membentuk kelompok, satu kelas terdiri dari 8 kelompok .,
-
Membagikan lembar soal yang akan
dikerjakan secara kelompok,
-
Memberikan siswa kesempatan untuk
berpikir,menganalisis, dan menyelesaikan soal lembar kerja kelompok.
§ Konfirmasi (10menit)
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Membahas hasil pekerjaan kelompok
dengan cara diskusi bersama antar seluruh kelompok.
-
Mempersilakan seorang wakil
kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi dan kelompok lain dipersilakan untuk
menanggapi.
-
Memperjelas materi dan bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
-
Menjelaskan sikap kritis terhadap
terjadinya perubahan sosial budaya,
-
Bersama
peserta didik mereview dan membuat kesimpulan tentang materi ajar perubahan sosial budaya.
E. Sumber
Belajar;
1. Buku IPS kelas IX BSE
2. Artikel Internet dan media massa
F. Penilaian
Hasil Belajar:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengemukakan hakikat perubahan sosial budaya.
Ü Mengidentifikasi bentuk perubahan sosial.
Ü Menguraikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya.
Ü Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perubahan sosial.
Ü Mengidentifikasi perubahan sosial budaya di Indonesia.
|
Kuis
Tes Tulis
Kuis
Tes tulis
Tes tulis
|
Pertanyaan lisan
Tes Uraian Kelompok
Pertanyaan
Lisan
Tes uraian Kelompok
Tes uraian Kelompos
|
Ü Apa yang dimaksud dengan perubahan sosial budaya2?
Ü Termasuk dalam bentuk perubahan sosial
apakah gambar dibawah ini ? Berikan sedikit penjelasan!
Ü Sebutkan faktor-faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial
budaya!
Ü Identifikasi faktor penyebab perubahan sosial
dibawah ini, termasuk dalam faktor intern ataukah ekstern? Berikan sedikit
penjelasan!
Ü Indonesia merupakan salah satu negara
berkembang yang memiliki beragam suku,adat dan budaya, seiring perkembangan
jaman indonesia berubah dari negara yang penduduk nya masih tradisional
hingga kini hidup secara modern. Hal ini tidak lain dipengaruhi oleh masuknya
beragam teknologi maupun pengaruh budaya luar negeri. Berikan 3(tiga) contoh perubahan sosial budaya yang
terjadi di Indonesia !
|
G. Penilaian
- Teknik : Tugas Kelompok
Tanya Jawab
- Bentuk Instrumen : Soal uraian
Mengetahui,
Guru Mapel IPS
(Huda
Herawati,S.Pd.)
NIP:19720210
199903 2 005
|
Muntilan,20 Agustus 2015
Mahasiswa Praktik PPL
( Alfian Adestya
Putra )
NIM.3201412039
|
Tag :
PENDIDIKAN
2 Komentar untuk "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas 9 Perubahan Sosial Budaya"
RPP anak kelas IX SMP KARTIKA l-1 MEDAN
Horas medan....
Par unimed kab.taput
Kec.sipahutar
Desa simarhompa
Harianto panjaitan
Monggo dikomentari rek...