Alfian Adestya Putra

Mayeng-Mayeng moro Semarang

Mayeng-Mayeng moro Semarang

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas 9 Perubahan Sosial Budaya



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP N 2 MUNTILAN
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Memahami perubahan sosial budaya
Kompetensi Dasar    : 3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat
Alokasi Waktu          :  4 X 40 menit (2 x pertemuan)


A.     Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi, siswa diharapkan mampu :
1. Menjelaskan hubungan perubahan social dengan perubahan budaya.
2. Mengklasifikasikan bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
3. Memberi contoh terjadinya perubahan sosial budaya.
4. Menguraikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya.
5. Mengidentifikasi faktor penyebab perubahan sosial budaya.
6. Mingidentifikasi perilaku masyarakat dalam menyikapi  perubahan sosisal budaya.
Karakter siswa yang diharapkan :          Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Pembelajaran:
1. Pengertian perubahan sosial budaya.
2. Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
3. Faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya.
4. Faktor penyebab perubahan sosial budaya.
5. Sikap kritis terhadap pengaruh perubahan sosial budaya.

C.     Metode Pengajaran:
1. Ceramah bervasiasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pendahuluan   : (10 menit)
1.      Mengucapkan salam dan memeriksa kehadiran siswa,.
2.      Mengajak siswa senantiasa bersyukur atas karunia dan rahmat dari  Tuhan YME,
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran,
4.      Motivasi : Guru  memberikan  gambaran mengenai contoh  perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia,

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi (30 menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-          melibatkan peserta didik  memahami pengertian perubahan sosial budaya , bentuk-bentuk perubahan sosial budaya, faktor penyebab perubahan sosial budaya,faktor pendorong/penghambat perubahan sosial,
-          memberikan pandangan kepada siswa mengenai contoh di kehidupan sehari-hari masa kini mengenai bentuk-bentuk perubahan sosial, faktor penyebab perubahan sosial, dan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial,
-          memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru.
§ Elaborasi (20 menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          Menginstruksikan kepada siswa untuk membentuk kelompok, satu kelas terdiri dari 8 kelompok .,
-          Membagikan lembar soal yang akan dikerjakan secara kelompok,
-          Memberikan siswa kesempatan untuk berpikir,menganalisis, dan menyelesaikan soal lembar kerja kelompok.
§ Konfirmasi (10menit)
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Membahas hasil pekerjaan kelompok dengan cara diskusi bersama antar seluruh kelompok.
-          Mempersilakan seorang wakil kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi dan kelompok lain dipersilakan untuk menanggapi.
-          Memperjelas materi dan bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
-          Menjelaskan sikap kritis terhadap terjadinya perubahan sosial budaya,
-          Bersama peserta didik mereview dan membuat kesimpulan tentang materi ajar perubahan sosial budaya.

E. Sumber Belajar;
1.      Buku IPS kelas IX BSE
2.      Artikel Internet dan media massa

F. Penilaian Hasil Belajar:    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengemukakan hakikat perubahan sosial budaya.

Ü  Mengidentifikasi bentuk perubahan sosial.


Ü  Menguraikan faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya.

Ü  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perubahan sosial.



Ü  Mengidentifikasi perubahan sosial budaya di Indonesia.
Kuis


Tes Tulis



Kuis



Tes tulis




Tes tulis
Pertanyaan lisan

Tes Uraian Kelompok


Pertanyaan Lisan


Tes uraian Kelompok



Tes uraian Kelompos
Ü  Apa yang dimaksud dengan perubahan sosial budaya2?

Ü  Termasuk dalam bentuk perubahan sosial apakah gambar dibawah ini ? Berikan sedikit penjelasan!

Ü  Sebutkan faktor-faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial budaya!


Ü  Identifikasi faktor penyebab perubahan sosial dibawah ini, termasuk dalam faktor intern ataukah ekstern? Berikan sedikit penjelasan!

Ü  Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki beragam suku,adat dan budaya, seiring perkembangan jaman indonesia berubah dari negara yang penduduk nya masih tradisional hingga kini hidup secara modern. Hal ini tidak lain dipengaruhi oleh masuknya beragam teknologi maupun pengaruh budaya luar negeri. Berikan  3(tiga) contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia !

G. Penilaian
            - Teknik                       : Tugas Kelompok
                                                  Tanya Jawab
            - Bentuk Instrumen      : Soal uraian
                                                                                               
Mengetahui,
Guru Mapel IPS



(Huda Herawati,S.Pd.)
NIP:19720210 199903 2 005

Muntilan,20 Agustus 2015
Mahasiswa Praktik PPL



( Alfian Adestya Putra )
NIM.3201412039

Tag : PENDIDIKAN
2 Komentar untuk "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas 9 Perubahan Sosial Budaya"

RPP anak kelas IX SMP KARTIKA l-1 MEDAN

Horas medan....

Par unimed kab.taput
Kec.sipahutar
Desa simarhompa

Harianto panjaitan

Monggo dikomentari rek...

Disqus Shortname

Back To Top