Alfian Adestya Putra

Mayeng-Mayeng moro Semarang

Mayeng-Mayeng moro Semarang

Evaluasi Pembelajaran Geografi Penyusunan Kisi-kisi soal Materi Potensi Geografis Indonesia Kelas IX



Tugas Evaluasi Pembelajaran Geografi
Penyusunan Kisi-kisi Soal
Materi Potensi Geografis Indonesia
Kelas XI



Disusun  Oleh :
Nama              :       ALFIAN ADESTYA PUTRA
NIM                :       3201412039






Universitas Negeri Semarang
2014








KI
KD
INDIKATOR
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.3. Mensyukuri potensi wilayah Indonesia dalam penyediaan pangan, bahan industri, dan energi alternatif sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih

2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.3. Menunjukkan sikap peduli dan tanggung jawab dalam menghargai  potensi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi alternatif

3  3.Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

3.3 Menganalisis kondisi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi alternatif.
3.3.1. Menjelaskan luas dan batas teritorial Indonesia
3.3.2. Mengidentifikasi potensi fisik dan sosial wilayah Indonesia
3.3.3. Mengidentifikasi potensi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan,
3.3.4. Mengidentifikasi potensi geografis Indonesia untuk penyediaan bahan industri
3.3.5. Menganalisi potensi geografis Indonesia untuk pengembangan energi alternatif
M4.Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.2. Menyajikan data dan fakta kondisi geografis Indonesia untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi alternatif dalam bentuk narasi, tabel, peta, grafik, dan atau peta konsep.

KI dan KD
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah               :           SMA                           Alokasi Waktu            :           60 menit
Mata Pelajaran            :           Geografi                      Jumlah Soal                 :           10 PG & 5 uraian
Kurikulum                   :           2013                            Penulis                         :           Alfian Adestya P
No
KD
Bahan
Kelas/semester
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
No Soal
1.
3.3 Menganalisis kondisi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, dan energi alternatif.
XI/Gasal
luas dan batas teritorial Indonesia

3.3.1. Menjelaskan luas dan batas teritorial Indonesia

PG,
Uraian
1
1
potensi fisik dan sosial wilayah Indonesia
3.3.2. Mengidentifikasi potensi fisik dan sosial wilayah Indonesia

PG
PG
Uraian
Uraian
2
10
3
2
potensi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan
3.3.3. Mengidentifikasi potensi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan
PG
PG
PG

7
3
5
potensi geografis Indonesia untuk penyediaan bahan industri
3.3.4. Mengidentifikasi potensi geografis Indonesia untuk penyediaan bahan industri

Uraian
PG
PG
PG
4
9
8
4
potensi geografis Indonesia untuk pengembangan energi alternatif
3.3.5. Menganalisi potensi geografis Indonesia untuk pengembangan energi alternatif
Uraian
PG
5
6










Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan luas dan batas teritorial Indonesia melalui membaca dari berbagai sumber
2.      Siswa dapat mengidentifikasi potensi fisik dan sosial wilayah Indonesia melalui Pengamatan
3.      Siswa dapat mengidentifikasi potensi geografis Indonesia untuk ketahanan pangan melalui diskusi kelompok,
4.      Siswa dapat mengidentifikasi potensi geografis Indonesia untuk penyediaan bahan industri melalui pengamatan,
5.      Siswa dapat  menganalisi potensi geografis Indonesia untuk pengembangan energi alternatif
melalui diskusi kelompok







I. Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf A, B, C, D, atau E untuk jawaban paling tepat!
1. Potensi sumber daya alam Indonesia dipengaruhi oleh letak wilayahnya. Hal tersebut diakibatkan oleh iklim …..
a.kutub
b.sub tropis
c.kering
d.tropis
e.taiga

2. Unsur-unsur yang tersedia di alam dan dimanfaatkan oleh manusia
untuk memenuhi hidupnya disebut ....
a. lingkungan hidup                             d. habitat
b. sumber daya alam                            e. sumber daya lingkungan
c. ekosistem

3. Secara ekonomis mangrove sangat bermanfaat bagi masyarakat,
karena ....
a. penahan abrasi pantai
b. sebagai filter sedimentasi dari daratan
c. sebagai habitat udang dan ikan
d. sumber pertambangan pasir dan batu
e. tempat berkembangbiaknya burung-burung bangau

4. Tanaman sejenis karet hutan yang dipakai untuk industri permen adalah …..
a. jelatung
b. damar
c. rotan
d. kopal
e. kemenyan

5. Sumber daya alam akan bernilai ekonomis apabila…..
a.       dieksploitasi secara besar-besaran
b.      cukup dieksplorasi saja
c.       dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan saat ini
d.      dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa mendatang
e.       dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan manusia

6. Usaha pemanfaatan lahan kering dengan menanam komoditi tertentu disebut …..
a.       perkebunan
b.      perladangan
c.       pertanian
d.      tegalan
e.       bercocok tanam

7. Berbagai tempat di Indonesia menjadi pusat perikanan laut. Salah satunya adalah Muncar yang terletak di daerah …..
a.       Makasar
b.      Kalimantan Selatan
c.       Banyuwangi
d.      Riau
e.       Sulawesi Utara


8. Untuk menghemat bahan baker minyak di Indonesia saat ini perlu menggunakan …..
a.       PLTA
b.      PLTN
c.       PLTD
d.      PLTPB
e.       PLTA ( Angin )

9.Faktor yang menentukan keberhasilan dalam PLTA adalah …..
a.       air terjun
b.      pengaruh musim
c.       banyak sedikitnya konsumen listrik
d.      manusia
e.       faktor relief dan cuaca

10. Banyaknya eceng gondok di daerah Rawa Pening, membuat masyarakat disekitar membuat aneka industri kerajinan tangan. Dimanakah letak Provinsi danau Rawa Pening.....
      a.   Jawa Barat
      b.   Jawa Timur
      c.   Sumatra Selatan
      d.   Sumatra Barat
      e.   Jawa Tengah

II. Jawablah dengan singkat dan jelas!

1.      Apakah yang dimaksud dengan potensi geografis Indonesia?
2.      Sebutkan wilayah di Indonesia yang berkaitan dengan potensi perkebunannya disertai dengan hasil dari perkebunannya ?
3.      Jelaskan macam-macam kegiatan pemanfaatan lahan di bidang pertanian!
4.      Karena Indonesia memiliki banyak gunung maka, di Indonesia banyak sekali dijumpai air terjun, diantaranya digunakan sebagai PLTA. Sebutkan daerah mana saja yang dijumpai PLTA?
5.      Analisislah potensi geografis terkait dengan pengembangan energi alternatif di Indonesia!



Soal kunci Jawaban
1.      D.Tropis (letak Indonesia berada di garis lintang 6 derajat lintag utara dan 11 derajat lintang selatan sehingga berada pada iklim tropis
2.      B.Sumber Daya Allam (Pengertian nya adalah segala sumber daya yang dapaggt dimanfaatkan secara langsung atau pun diolah kembali untuk kehidupan manusia atau makhluk hidup yang ada di alam)
3.      C.Sebagai habitat ikan dan udang (Mangrove merupakan tempat untuk bersembunyi ikan dan udang dan disana terdapat banyak sekali plankton)
4.      A.Jelatung (Selain sebagai permen karet juga sebagai bahan kosmetik)
5.      D. dieksploitasi untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan masa mendatang (maksudnya adalah sumber daya alam harrus bisa dimanfaatkan di masa sekarang hingga anak cucu kita)
6.      D.Tegalan (Tegalan adalah suatu daerah dengan lahan kering yang bergantung pada pengairan air hujan, ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan dalam sekitar rumah. Lahan tegalan tanahnya sulit untuk dibuat pengairan irigasi karena permukaan yang tidak rata. Pada saat musim kemarau lahan tegalan akan kering dan sulit untuk ditubuhi tanaman pertanian.)
7.      C.Banyuwangi (Muncar berada di Banyuwangi Prrovinsi Jawa Timur)
8.      D.PLTPB (Menggunakan panas bumi sebagai bahan bakarr yang terbarukan)
9.      E.faktorr relief dan cuaca (relief menentukan derasnya airr terjun yang digunakan sebagai penentu tenaga listrik dari tenaga air dan cuaca, apabila pada musiim hujan aliran air semakin deras)
10.  E.Jawa Tengah (Rawa Pening terletak di Ambarawa,Kabupaten Semarang,Jawa Tengah)

Uraian
1.      Potensi geografis indonesia adalah segala macam potensi atau peluang yang dihasilkan dari kondisi geografis atau kenampakan lahan yang ada di Indonesia yang mencakup ssumber daya alam yang dimilikinya
2.      – Kebun teh di Bandung,Jawa Barat
-Kebun apel di Malang,Jawa Timur
-Penghasil Sayurran di Bandungan,Jawa Tengah
-Kebun Kelapa Sawit di Lampung
-Kebun Strawberry di Bogor

3.      Bentuk-Bentuk Pertanian Di Indonesia :
1.      Sawah
Sawah adalah suatu bentuk pertanian yang dilakukan di lahan basah dan memerlukan banyak air baik sawah irigasi, sawah lebak, sawah tadah hujan maupun sawah pasang surut.
2.      Tegalan
Tegalan adalah suatu daerah dengan lahan kering yang bergantung pada pengairan air hujan, ditanami tanaman musiman atau tahunan dan terpisah dari lingkungan dalam sekitar rumah. Lahan tegalan tanahnya sulit untuk dibuat pengairan irigasi karena permukaan yang tidak rata. Pada saat musim kemarau lahan tegalan akan kering dan sulit untuk ditubuhi tanaman pertanian.
3.      Pekarangan
Perkarangan adalah suatu lahan yang berada di lingkungan dalam rumah (biasanya dipagari dan masuk ke wilayah rumah) yang dimanfaatkan / digunakan untuk ditanami tanaman pertanian.
4.      Ladang Berpindah
Ladang berpindah adalah suatu kegiatan pertanian yang dilakukan di banyak lahan hasil pembukaan hutan atau semak di mana setelah beberapa kali panen / ditanami, maka tanah sudah tidak subur sehingga perlu pindah ke lahan lain yang subur atau lahan yang sudah lama tidak digarap.

4.      1.PLTA Angkup - Propinsì Nangroe Aceh Darussalam
2. PLTA Cìbadak - Propinsi Jawa Barat
3. PLTA Cirata - Propinsi Jawa Barat
4. PLTA Garung - Propinsi Jawa Tengah
5. PLTA Jatiluhur - Propinsi Jawa Barat
6. PLTA Karangkates - Propinsi Jawa Timur
7. PLTA Lodaya - Propinsi Jawa Timur
8. PLTA Maninjau - Propinsi Sumatera Utara
9. PLTA Paiton - Propinsi Jawa Timur
10. PLTA Moh. Nor - Propinsi Kalimantan Timur
11. PLTA Riam Kanan - Propinsi Kalimantan Selatan
.12. PLTA Sadang - Propinsi Sulawesi Selatan
13. PLTA Saguling - Propinsi Jawa Barat
14. PLTA Selorejo - Propinsi Jawa Timur
15. PLTA Sempor - Propinsi Jawa Tengah
.16. PLTA Sengguruh - Propinsi Jawa Timur
17. PLTA Sentani - Propinsi Papua
18. PLTA Sigura-gura - Propinsi Sumatera Utara
19. PLTA Soroako - Propinsi Sulawesi Tenggara
20. PLTA Tes - Propinsi Bengkulu
21. PLTA Tonsea - Propinsi Sulawesi Utara
22. PLTA Tuntang - Propinsi Jawa Tengah
23. PLTA Wlingi Raya - Propinsi Jawa Timur
24. PLTA Wonogiri - Propinsi Jawa Tengah.

5.      Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya pertambangan dan gunung api yang banyak dikarenakan pertemuan lempengnya, panas magma dari gunung api tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sumber alternatif pembangkit listrik maupun lain-lain, itu merupakan sumber daya yang terbarukan. Selain itu indonesia memiliki berrmacam tanaman salah satunya jarak yang dapat dimanfaatkan bijinya untuk dapat menghasilkan minyak.
Tag : Makalah
0 Komentar untuk "Evaluasi Pembelajaran Geografi Penyusunan Kisi-kisi soal Materi Potensi Geografis Indonesia Kelas IX"

Monggo dikomentari rek...

Disqus Shortname

Back To Top