
LAPORAN OBSERVASI
KAMPUNG INGGRIS
SEMARANG
Dibuat guna
memenuhi nilai mata kuliah Psikologi Pendidikan Rombel 10
Disusun
Oleh :
1. Lilis Kurnia / 3101412036
2. Nur Endah Umi Erawati / 3101412040
3. Erika Novitasari / 3101412075
4. Ika Nurjannah / 3201412034
5. Ratih Indarsih / 3201412038
6. Alfian Adestya Putra / 3201412039
7. Rifan Wahyu Pambudi / 3201412060
8. Catur Arypurnomosidi / 3201412064
9. Widodo Kurnianto / 2401412018
10. Dian Agus Prasetya /
11. Agus Prasetya /
MKU/MKDK
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI
SEMARANG
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan ke hadirat Tuhan YME, karena
dengan karunia-Nya kami dapat menyelesaiakan laporan observasi yang berjudul “Laporan
Observasi Psikologi Pendidikan Kampung Inggris Semarang”. Meskipun banyak
hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaannya, tapi kami berhasil
menyelesaikan karya ilmiah ini tepat pada waktunya.
Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada semua
pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini,teman-teman tim
observasi dan tidak lupa Direktur
Kampung Inggris Semarang yang telah memberikan ijin untuk bisa melakukan
observasi di kampung inggris dan segenap jajaran staff guru dan murid kampung
inggris Semarang.
Tentunya ada hal-hal yang ingin kami berikan kepada
pembaca dari hasil observasi ini. Karena itu kami berharap semoga laporan
observasi ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bersama.
Kami menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun guna sempurnanya makalah ini. Kami berharap semoga
karya tulis ini bisa bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada
umumnya.
Semarang,16 Juni 2014
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
“Psikologi” berasal
dari perkataan Yunani “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu
pengetahuan. Jadi secara etimologi (menurut arti kata) psikologi artinya ilmu
yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya
maupun latar belakangnya, atau disebut dengan
ilmu jiwa.
Berbicara tentang jiwa,
terlebih dahulu kita harus dapat membedakan antara nyawa dengan jiwa. Nyawa
adalah daya jasmaniah yang adanya tergantung pada hidup jasmani dan menimbulkan
perbuatan badaniah, yaitu perbuatan yang di timbulkan oleh proses belajar.
Misalnya : insting, refleks, nafsu dan sebagainya. Jika jasmani mati, maka mati
pulalah nyawanya.
Sedang jiwa adalah daya
hidup rohaniah yang bersifat abstrak, yang menjadi penggerak dan pengatur bagi
sekalian perbuatan-perbuatan pribadi (personal behavior) dari hewan tingkat
tinggi dan manusia. Perbutan pribadi ialah perbuatan sebagai hasil proses
belajar yang di mungkinkan oleh keadaan jasmani, rohaniah, sosial dan
lingkungan. Proses belajar ialah proses
untuk meningkatkan kepribadian (personality) dengan jalan berusaha mendapatkan
pengertian baru, nilai-nilai baru, dan kecakapan baru, sehingga ia dapat
berbuat yang lebih sukses, dalam menghadapi kontradiksi-kontradiksi dalam
hidup. Jadi jiwa mengandung pengertian-pengertian, nilai-nilai kebudayaan dan
kecakapan-kecakapan.
Pendidikan dari kata
“didik”, lalu kata ini mendapat awalan me sehingga menjadi “mendidik”, artinya
memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi akhlak dan
kecerdasan pikiran. Selanjutnya, “pendidikan” menurut KBBI adalah peroses
pengubahan sikap dan tata laku sesorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan
manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
Psikologi Pendidikan adalah
sebuah disiplin psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi
dalam dunia pendidikan. Sedangkan menurut
ensiklopedia amerika, Pengertian psikologi pendidikan adalah ilmu yang
lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan –
penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan efisiensi
di dalam pendidikan.
Dari uraian di atas,
dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang
dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada maslah pertumbuhan dan
perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dalam
masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan
belajarPendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia.
Peningkatan kebutuhan
untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris juga dipicu ujian nasional
yang mengujikan pelajaran bahasa Inggris. Persentase pelajar yang mengikuti
kursus bahasa Inggris mencapai 65 persen. Predikat kota pariwisata juga memacu
masyarakat umum meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Aspek kebahasaan,
keterampilan berbahasa, dan kosakata disajikan secara bersamaan sebagai satu
kesatuan dengan mempertimbangkan tingkat perkembangan emosional, kognitif, dan
sosial budaya. Sejalan dengan perkembangan tersebut, saat ini Indonesia banyak
bermunculan lembaga- lembaga pendidikan formal yang memberikan layanan berupa
pelatihan bahasa inggris. Dari uraian di atas kita dapat memetik suatu isyarat
bahwa Bahasa Inggris hendaknya sudah dikenalkan pada siswa sejak dini.
Pengenalan bahasa semenjak dini dikondisikan sedemikian rupa sehingga ada
ketertarikan siswa untuk belajar mengeksplorasi pengalaman sendiri dalam
menggunakan bahasa sebagai media perantara pesan yang efektif. Ada dua faktor yang
mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mempelajari bahasa, yaitu (1) kondisi
eksternal dan (2) kondisi internal , Santosa (2005). Kondisi eksternal dan
internal seharusnya berjalan secara simultan saling memperkuat keduanya
sehingga mencapai hasil penguasaan bahasa yang utuh.
Model pembelajaran
merupakan strategi yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi
belajar, sikap belajar dikalangan siswa, mampu berpikir kritis, memiliki
keterampilan sosial, dan pencapaian hasil pembelajaran yang lebih optimal
(Isjoni, 2009: 8). Merujuk pada hal ini perkembangan model pembelajaran terus
mengalami perubahan dari model tradisional menuju model yang lebih modern.
Model pembelajaran berfungsi untuk memberikan situasi pembelajaran yang
tersusun rapi untuk memberikan suatu aktivitas kepada siswa guna mencapai
tujuan pembelajaran. Istilah model diartikan sebagai barang atau benda tiruan
dari benda sesungguhnya. Untuk memilih/menentukan model pembelajaran yang
sesuai untuk peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu, perlu disesuaikan
dengan tingkat perkembangan peserta didik dan prinsip-prinsip belajar (seperti
kecepatan belajar, motivasi, minat, keaktivan siswa dan umpan balik/penguatan),
serta yang tidak kurang pentingnya adalah bahwa pemilihan model-model pembelajaran
sebaiknya berbasis pada pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada konsep pembelajaran
mutakhir.
Kampung inggris
merupakan suatu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan, dimana pada kampung
inggris menekankan pada pembelaaran bahasa inggris yang efektif dan
menyenangkan. Kampung Inggris ini terletak di Perumahan Sekar Gading, Sekaran
Gunung Pati. Karena terletak di pegunungan, jadi suasana lingkungan di Kampung
Inggris ini sangan nyamat dan asri juga sejuk. Lokasi atau tempat belajarnya
ini terpisah dari perumahan penduduk, dalam satu tersendiri.
B. Rumusan
Masalah
Adapaun Rumusan Masalah dari makalah ini antara lai
sebagai berikut :
1.
Metode pembelajaran seperti apa yang di
gunaka di Kampung Inggris ini?
2.
Bagaimana proses pembelajaran berlangsung
di Kampung Inggris?
3.
Apa saja perbedaan Kampung Inggris
dengan tempat belajar atau tempat kursus bahasa inggris yang lain?
4.
Apa manfaat yang diperoleh setelah
mengikuti pembelajaran di Kampung Inggris?
5.
Bagaimana sistem kerja tenaga pengajar
di Kampung Inggris?
6.
Bagaiman pembagian kelas dan waktu
belajar untuk setiap kelompok umur atau tingkatan di Kampung Inggris?
C. Tujuan
1.
Dapat mengetahui metode pembelajaran
yang baik di gunakan di lembaga selain sekolah.
2.
Dapat memahami bagaimana cara
meningkatkan semangat anak atau siswa untuk belajar.
3.
Dapat mengetahui sistem pembelajaran
efektif.
4.
Dapat mengetahui manfaat yang diperoleh
setelah belajar.
5.
Dapat memahami keebihan dan kekurangan
dari suatu tempat belajar.
6.
Dapat mengetahui bagaimana memahami
masing-masing karakter anak didik
.
D. Metode
Penelitian
Dalam
penelitian yang kami lakukan di tempat belajar atau kursus Bahasa Inggris di
Kampung Inggris di perumahan Sekar Gading, Sekaran Gunung Pati ini, kelompok
kami menggunakan metode penelitian berupa observasi langsung di tempat kursus dn
tempat belajar dengan tehnik wawancara langsung kepada narasumber. Narasumber yang
kami wawancarai terdiri dari Direktur Kampung Inggris, Tenaga Pengajar atau
guru, dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran di Kampung Inggris. Selain
itu kami juga mengambil bukti berupa rekaman wawancara(video) dan juga foto
bersama tenaga pengajar dan siswa.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Visi
,Misi dan TujuanKampung Inggris Semarang
Visi
Menjadi
lembaga pendidikan bahasa inggris yang membentuk generasi beriman, bertaqwa,
beramal salih, berakhlaq mulia, terampil bahasa inggris, berwawasan
internasional, dan mencintai bangsa dan tanah air Indonesia.
Misi
1) Melaksanakan
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa ingris dengan metode
yang efektif, praktis dan menyenangkan,
2) Melaksanakan
kegiatan-kegiatan pembentukan kepribadian,
3) Membentuk
komunitas berbahasa inggris untuk memfasilitasi masyarakat untuk belajar bahasa
inggris,
4) Membangun
sistem pengelolaan lembaga pendidikan bahasa inggris yang efektif dan efisien,
5) Menciptakan
lingkungan kerja dan lingkungan belajar yang kondusif bagi civitas akademika
dan masyarakat.
Tujuan
1) Siswa
mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris secara akurat, lancar, dan percaya
diri,
2) Civitas
akademika tumbuh menjaddi pribadi-pribadi yang beriman, bertaqwa, beramal
salih, berakhlak mulia, terampil berbahasa inggris, berwawasan internasional,
dan mencintai bangsa dan tanah airIndonesia,
3) Terbentuknya
komunitas berbahasa inggris yang memudahkan masyarakat untuk belajar bahasa
inggris,
4) Terbangunnya
sistem pengelolaan lembaga yang efektif, efisien dan bisa diterapkan di
cabang-cabang,
5) Terciptanya
lingkungan kerja dan lingkungan belajar yang kondusif bagi ccivitas akademika
dan masyarakat luas.
B. Gambaran
Umum
KAMPUNG INGGRIS
Jl.
GriyaSekargading Blok A (Atas) No. 01 Kalisegoro, GunungPati,Semarang 50229
KampungInggrisSemarang berdirisejaktahun
2010 padasaat CVRH Education.Namundiresmikanpadatahun 2012.Yang mendirikanya yaiitudosenBahasaInggrisUniversitasNegeri Semarang yaituBapakRohadi. SiswaKampungInggrissaatiniberjumlah
244 yang aktif. Namunsetiappertahunnyajugabanyakperubahanjumlahsiswanya.
Pesertadidik di KampungInggristerdiri dari beberapakalangan, baik dari
usiaPlaygroup, Mahasiswa, dan Umum. Mahasiswa yang belajar di
KampungInggrisdiantaranya ada mahasiswa dari UDINUS, AKPELNI, IKIP VETERAN,
UNNES, dan UNDIP.
Manajemenkurikulum di KampungInggris di tentukan dari pihakpengelola
kampungInggrissendiri.
PenyusunankurikulumitudibantuolehsemuapihakdiantaranyadirektursertapembinaKampungInggristersebut.Dalammenunjangpenyusunankurikulumitudibutuhkanbeberapabuku-buku
import.Buku-buku yang dipilihmerupakanbuku-buku yang bernilaitinggi.Seperti import dari Roman sertatakjauh dari
kerjasamadenganUniversitasNegeri Semarang.KarenapendiriKampungInggrisyaitudosenBahasaInggris
dari UnnesyaituPakRohadi. Jadisetiapbukuuntuk proses
pembelajarandidapatdengankerjasamadenganUniversitasNegeri Semarang
termasukbuku-bukubarumaupunbuku-buku yang sudah tak terpakai.
Di
KampungInggrissaatiniterdapat Lima tenagapengajar.Ada tingkat yang
berpendidikansampai S1 dan S2.Pembagiantenagakerjasendiriterbagimenjadiduadiantaranyaada
yang bekerjafulltimer, danada yang parttimekarenasambilmelakukanstudinya. Untukwaktupengajarfulltimerdaripukul
07.00-16.00 WIB sambilbertugasdikantor.,Mengajardikelasdibagidalamwaktutersebut.
Untukwaktu parttimer dimulaipadapukul 07.00-16.00 namunwaktutersebutada free
nyajadidalamwaktusatuminggutenagapendidik part timer tidakmasuksekitar 2-3
harinya.
Berikut daftar
kepegawaian di kampung inggris Semarang
NIK
|
NAMA
|
JABATAN
POKOK
|
TUGAS
TAMBAHAN KOORDINATOR SEKSI
|
1010001
|
Rohani,S.Pd,MA.
|
Pembina
|
|
1010002
|
Yunita Irmawati,S.Pd.
|
Direktur
|
|
1010003
|
Tatik Wijayanti,S.Pd.
|
Guru
|
Administration and Accounting
|
1010004
|
Dewi Nebula,S.Pd.
|
Guru
|
Marketing and Sales
|
1010005
|
Ana Sugiyati,S.Pd.
|
Guru
|
Academic Resources
|
1010006
|
Rahmatika Dewi,S.Pd.
|
Guru
|
General and Home Affairs
|
1010007
|
Adminah
|
Pembantu Umum
|
Jadwalpembelajarannyayaitusebagaiberikut :
a) Kelaspagi :
Pukul 08.00-09.30 WIB di hariSabtu
b)
Kelas Siang : Pukul 10.30-12.00 WIB danPukul 13.00-14.30 WIB di hariSabtu
c)
Kelas Sore : Pukul 16.00-17.30 WIB
d)
KelasMalam : pukul 20.00-21.30 WIB
e)
Untukharisenin proses
pembelajarandaripukul 07.00-16.00 WIB.
f)
Setiaptigabulanjadwalpembelajarandiubah.
DalamPengelolaanSupervisi
Guru yangsudah senior tidakseringmelakukanpengajaranseperti guru yang belum
senior. Terkadangdilakukan proses kunjunganoleh guru senior kepada guru-guru barudikelas.
Pengevaluasian proses pembelajaran di
KampungInggrissamahalnyadengansekolah-sekolahpadaumumnyayaknidilakukanTes di
akhirpembelajaran.
Untukevaluasidilakukan per level.Evaluasiuntuksatu level
itudilakukanempat kali. Untukanak-anaksampai level delapan.Perlevelsendiri ada dua kali tes. Dilakukanpadapertengahan
di akhirpertemuan. DalamTermRegulerdilakukan 12 kali pertemuan. jadi tes
dilakukanpadapertemuan ke-6 dan ke-11.
Di
KampungInggrisjugaterdapataturan-aturan yang berlaku.Misalnyadiadakansanksibagi
para pesertadidikdiantaranyaberupateguranbagi yang melanggar.Contohnyamahasiswa
yang merokok di area KampungInggrisitu di tegurdengantutur yang sopan.Karena di
KampngInggrissendirimengutamakankenyamananpesertadidikdantutur kata yang
sopandalam proses pendekatannyadengansiswa agar siswaselalumerasakankenyamananbelajar
Bahasa Inggris di KampungInggristersebut.
Untukkehadiranjugadiperhatikan.Persentaseharusmemenuhi 66%
kehadiran.Jikakurangdaripersentasetersebut, makadiharapkanpesertadidikdilakukan
jam tambahandanmembayarangsuransebesar 75.000,00.
Penerimaansiswabarujugadibukasecaraterbuka.
Bisamelaluisuratkabar, media massadanbanyakmengikutiacara-acara di
Seminar-seminar.
UntukpeningkatanSumberDayaManusiayaitudiberibuku-bukusecaraberkalayaitu
browsing buku-bukubaru di perpustakaan UNNES dilakukanpeminjaman.Tenagapengajarjugadiberikan
Training olehdirecturdanpembinaKampungInggrissebelummelakukanpengajaran. Proses
pemberitahuantatatertibdilakukandiawal bersamaandengankontrakkerja. Jika yang
melakukanketerlambatanngajar, maka guru tersebuttidakmendapatkanintensif.
Sumber
Dana didapatkanmurnidarisiswa, selainitujugadiawal modal
diberikanolehdaripendirikampungInggris.KampungInggrispernah di undangdalamacara
training untuk guru-guru, kesekolah-sekolah, PKK,
sertaacaralomba-lomba.Pengelolaandanasetiaptahunnyaakandirekap.
BahkanKampungInggrissendirijugamelakukan zakat yang
disumbangkankemasyarakatsekitar, beasiswabagisiswa yang tidak mampu, serta pemberianpenghargaanbagisiswaKampungInggris
yang tidakmampunamunberprestasi.
KampungInggrismempunyailimakelas,
1 ruangandijadikansebagaikantor, 4 ruangandijadikan proses belajarmengajar yang
intensif. Bagiansaranaprasaranajugaterdapatbeberapaperalatan yang ada di
KampungInggris.Diantaranyayaitu computer di kantor, LCD, kipasangin,
sertabeberapaalat-alat games. Yang direncanakankedepannyakampungInggrismengharapkanadafasilitas
Hotspot, wireless, dan LCD dipasang di setiapkelasnya.
Layanankhusus
yang
diberikankepadasiswayaitudenganmemberikankenyamanankepadasetiapsiswa.Setiapsiswa
di lakukan proses pendekatan, pengakrabansebelumdansesudahkelasberlangsung.
Selainitujugasiswadiberikan reword berupastikerdan snack bagi yang
aktifdikelas.
Beberapakendalaterkaitpsikologisiswayaitu
di KampungInggristerdapatanaksekitarumur 7 tahun yang komunikasinyakurang.
Karenaanaktersebutkesehariannyadenganpembantu.Terkadangsikapnya yang
nakalmembuattemansebayanyaketakutan.Karenaiapernahmenjahilibeberapatemannyadenganulat.
metode yang dilakukanolehKampungInggrisdalammenghadapisiswatersebutyaitu proses
pendekatandengananaktersebut. Dan siswatersebut di berikan label tertentu agar
sikapnyaituadapeningkatanmenujukebaikan.
Dalam
keseharian-hariannya dilingkingan kampung inggris diwajibkan untuk selalu
bercakap-cakap dalam menggunakan bahasa inggris,apabila ada yang melanggar akan
mendapat sanksi,yaitu bila ia berbicara bahasa indonesia tidak akan ditanggapi
oleh si yang diajak bicara.
Pembagian
kelas di kampung inggris dibagi berdasar tingkatan-tingkatan usia sekolah.
Dimulai dari jenjang taman kanak-kanak atau TK,SD,SMP,SMA hingga jenjang mahasiswa.
dan umum. Mereka akan dikelompok kan berdasar ingkatan kelas tersebut agar
dalam proses pembelajarannya mudah,karena belajar bersama teman sebayanya. Lama
pengajaran di kampung inggris Semarang adalah selama 3 bulan. Siswa mengikuti
kelas setiap 1 minggu satu pertemuan. Di dalam pembelajaran terbagi atas
level-level ,level perttama adalah perkenalan atau deskrip si tentang cara-cara
menguasai berbahasa bahasa inggris atau dasra-asranya. Dilevel selanjutnya akan
mengalami bahasa-bahasa yang semakin rumit hingga di level akhir siswa sudah
mampu bercakap lancar menggunakan bahasa inggris. Pendaftaran di kampung
inggris dibuka setiap hari namun pembelajaran dimulai pada awal masa
pembelajaran,yaitu pada tiga bulan sekali. Di kampung inggris pembelajarannya
menggunakan sistem Triwulan atau pembelajaran adalah 12 kali pertemuan .
Misalnya seseorang yang melakukan pada pendaftaran di bulan agustus, karena
masa pembelajaran tiga bulan maka siswa baru bisa belajar di bulan oktober.
C. Metode
Pembelajaran
Metodepembelajaran yang
digunakan di kampungInggrisdiambildarisegalapembelajaran. Salah
satunyayaitumetodekuantitatifdan difficult direct, danbagian-bagiantersebut di
kategorikankedalam “MetodeKhasKampungInggris”.
Setiap pengajar juga
memiliki cara atau metode sendiri dalam memberikan pengajaran. Hal ini
dimaksudkan agar siswa mampu menerima atau menangkap cara bahasa inggris dengan
baik. Metode dengan media pembelajaran flashcard dan sebagainya digunakan untuk
memudahkan siswa dalam menangkap arti yang diberikan guru. Untuk memudahkan
siswa untuk menangkap,guru mengajak belajar siswa keluar atau belajar di
alam,siswa diperkenalkan benda-benda di alam menggunakan bahasa inggris. Pada
waktu tertentu siswa diajak rekreasi agar menambah kekompakan dan siswa senang untuk
belajar bahasa inggris.
D. Media
Pembelajaran
Media pembelajaran di
KampungInggrismenggunakanbeberapaalatuntukmembantukemudahan proses
belajarmengajar. Diantaranyamenggunakan flashcard, power point, beberapa games
baik games yang dibuatsendiripropertinyamaupunbeli.
Media tersebut
berfungsi untuk memudahkan guru dalam pengajaran , di jaman serba modern ini
memang teknologi digunakan dalam memudahkan untuk belajar siswa.
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Kampung Inggris berdiri
sejaktahun 2010 pada saat CVRH Education. Namun diresmikan padat ahun 2012. Yang mendirikanya yaitudosenBahasaInggrisUniversitasNegeri Semarang yaituBapakRohadi.
Penyusunan kurikulum itu dibantu oleh semua pihak diantaranya direktur serta
pembina Kampung Inggris tersebut. Dalam menunjang penyusunan kurikulum itu
dibutuhkan beberapa buku-buku import.
Jadwal pembelajarannya yaitu sebagai berikut :
a)
Kelaspagi
: Pukul 08.00-09.30 WIB di
hariSabtu
b) Kelas
Siang : Pukul 10.30-12.00 WIB dan
Pukul 13.00-14.30 WIB di hari Sabtu
c) Kelas
Sore : Pukul 16.00-17.30 WIB
d) Kelas
Malam : pukul 20.00-21.30 WIB
e) Untuk
hari senin proses pembelajaran dari pukul 07.00-16.00 WIB.
Setiap tiga bulan jadwal pembelajaran diubah
Di Kampung Inggris juga
menerapkan peraturan-peraturan seperti di sekolah pada umumnya, misalnya
dilarang merokok di area kampung inggris dan dituntun untuk berbicara sopan
kepada sesama agar tercipta kondisi yang nyaman dalam proses pembelajaran.
Kampung Inggris mempunyai lima kelas, 1 ruangan
dijadikan sebagai kantor, 4 ruangan dijadikan proses belajar mengajar yang
intensif.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran
yang digunakan di kampung Inggris diambil dari segala pembelajaran. Salah
satunya yaitu metode kuantitatif dan difficult direct, dan bagian-bagian tersebut di kategorikan kedalam
“Metode Khas Kampung Inggris”.
Media Pembelajaran
Media pembelajaran di Kampung Inggris menggunakan
beberapa alat untuk membantu kemudahan proses belajar mengajar. Diantaranya menggunakan flashcard, power
point, beberapa games baik games yang dibuat sendiri propertinya maupun beli.
B. Saran
Untuk Kampung Inggris
disarankan lebih mensosialisasikan dengan keberadaanya Kampung Inggris di
daerah Unnes gunungpati ini, agar dapat menarik perhatian masyarakat umum untuk
belajar disini, karena yang kita ketahui saat ini kalau kita ingin belajar
mendalami bahasa inggris kita harus jauh-jauh ke Kediri. Mungkin untuk saran
hanya demikian karena kami rasa pembelajaran di Kampung Inggris sudah efektif
dengan tiingkatan-tingkatan umur tertentu.
DAFTAR
PUSTAKA
Rifai,Achmad.2012.Psikologi Pendidikan. Unnes Press
Sardiman.1987.Interaksssi Belajar Mengajar. Jakarta:
CV Rajawali
Suharyono dkk.1991.Strategi Belajar Mengajar I.
Semarang:IKIP Semarang
LAMPIRAN 1
Direktur
Kampung Inggris Semarang

Sarana
dan Prasarana Kampung Inggris Semarang
![]() |
Mading
![]() |
|||
![]() |
|||




Kanto
kantor kampung inggris ruang
kelas
![]() |
Rak
penyimpan buku


Meja
mengajar
![]() |
|||
![]() |
![]() |
Tag :
Makalah
0 Komentar untuk "MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN : OBSERVASI KAMPUNG INGGRIS SEMARANG"
Monggo dikomentari rek...